Sosialisasi Pembentukan dan Penguatan UPZ SMA Sederajat.

Pontianak РBadan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kalimantan Barat mengadakan kegiatan sosialisasi tentang pembentukan untuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) sekaligus memberi penguatan terhadap UPZ yang sudah dibentuk di Tingkat SMA/Sederajat se-Kota Pontianak. Kegiatan ini dilangsungkan pada hari Selasa, (19/07/2022).

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si juga menghadiri kegiatan sekaligus menyampaikan sambutannya terkait dengan sosialisasi ini. Ia menyampaikan bahwa ada hal penting setelah terbentuknya UPZ ini, nantinya tugas dan fungsi dari perwakilan pihak di sekolah adalah bagaimana membangun Trust atau kepercayaan terhadap orang tua, siswa/i terhadap pengelolaan zakat yang dilakukan.

“Instrumen langit salah satunya adalah zakat, infaq dan sedekah (ZIS), bayangkan jika kita konsisten melaksanakan ZIS ini saya percaya umat Islam tidak ada yang terlantar, karena kita ini tidak terkelola dengan baik maka harta potensi umat ekonomi umat ini tidak bisa tergali dengan baik, dari program ini saya yakin jika kita bekerja dengan semata-mata niat karena Allah, untuk Allah dan kembali kepada Allah, saya percaya akan ada perubahan di Kalimantan Barat kedepannya, saya yakin umat islam kedepan akan ada perubahan sepanjang program ini dilaksanakan dengan optimal.” ujar Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si.

Ketua BAZNAS Provinsi Kalimantan Barat, Uray M. Amin ST. juga menyampaikan bahwa hal yang menjadi konsennya adalah saling tolong menolong dalam kebaikan dan taqwa yang tertulis di Al Maidah Ayat 2. “Maka perkuatlah berdakwah kita di basis masing-masing, kalau yang sudah ada UPZ-nya tinggal ikuti regulasi, 70% maksimalkan di sekolahnya, 30% nya dapat didistribusikan melalui BAZNAS Provinsi, itu regulasi yang memang diatur oleh Undang-undang kita, kemudian Amil ini nanti di SK-kan oleh BAZNAS Provinsi, jadi sama-samalah kita menjadi pelaksana atas perintah Allah SWT dalam Al-Qur’an itu.” ujar Uray M. Amin, S.T.

Pada kesempatan itu juga, Dr.H.Hamzah Tawil, M.Si Wakil Ketua II BAZNAS Prov. Kalbar Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan menyampaikan apresiasinya kepada UPZ Sekolah MAN/SMA/MA yang hadir di acara sosialisasi ini, dan setelah diadakannya kegiatan sosialisasi ini harapnya dilakukan optimalisasi pengumpulan ZIS di Madrasah / Sekolah.

Peserta dari sosialisasi ini terdiri dari perwakilan masing-masing SMA di Kota Pontianak, seperti MAN 1, MAN 2, MAN 3, SMAN 9, SMAN 1, SMAN 3, SMA Santun Untan, SMA N 8, SMA Rahadi Oesman, SMA Islam Bawari, SMA Walisongo, SMA Kapuas, SMA Koperasi, SMK N 4, SMK Ethika Pontianak, SMK Al-Madani Pontianak, SMK N 1, SMK BU Pontianak, SMK PGRI Pontianak, SMK N 3, SMK N 5, SMTI Pontianak, SMK N 7, SMK Mandiri, SMK N 6 dan SMK 8. Drs. Samsuni sebagai Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat juga turut menghadiri kegiatan tersebut.

 

Butuh Informasi? Chat dengan Baznas Kalbar