PERESMIAN PENGGUNAAN MASJID AGUNG DARUNNAJAH DAN LAUNCHING AMBULANCE DARAT

KAPUAS HULU, Uncak.com – Kabar Gembira bagi warga masyarakat Kapuas Hulu, dimana Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Kapuas Hulu, telah memiliki satu unit mobil Ambulance (Ambulance Darat).

Satu unit Ambulance tersebut diperuntukkan bagi warga masyarakat khususnya masyarakat Kapuas Hulu, yang membutuhkan.

“Mobil Ambulance ini diperuntukkan secara gratis untuk membantu warga masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu, yang membutuhkan,” ujar Ketua BAZNAS Kabupaten Kapuas Hulu, H.F.Y Wartam, dalam acara peresmian penggunaan Masjid Agung Darunnajah Kabupaten Kapuas Hulu dan launching Ambulance darat Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Kapuas Hulu Tahun 2021, bertempat di Masjid Agung Darunnajah Kabupaten Kapuas Hulu, Sabtu (13/2/2021).

Wartam menyatakan, 2016 lalu sebenarnya BAZNAS sudah ada, namun namanya adalah Bazda. Dimana, pada November 2016 lalu kiprah BAZNAS semakin kuat berkat adanya Peraturan Bupati (Perbup) Kapuas Hulu, dimana dalam Perbup tersebut, mengharuskan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kapuas Hulu untuk membayar zakat, dengan persentase yang telah ditetapkan.

“Sehingga sampai hari ini kami bisa mendapatkan ambulance gratis untuk masyarakat ini,” kata Wartam.

Selain itu, lanjut Wartam, sebelumnya, BAZNAS juga sudah sangat banyak melakukan kegiatan sosial, diantaranya sunatan massal gratis.

“Kami hanya menyalurkan. Ini sebenarnya dana dari hasil zakat, infak dari para ASN di Kapuas Hulu.

Terimakasih buat para ASN Kabupaten Kapuas Hulu, Kemenag dan Pemerintah Daerah,” ucapnya.

Terkait penggunaan Ambulance tersebut, Wartam menjelaskan, digunakan untuk jasa antar jemput bagi masyarakat Kapuas Hulu yang membutuhkan, baik untuk rujukan ke Puskesmas maupun ke rumah sakit.

“Semoga dengan adanya Ambulance ini sedekah kita, infak kita dan zakat profesi kita dapat menjadi amal ibadah,” harapnya.

“Semoga dengan adanya Ambulance ini membawa manfaat bagi umat…dan semoga zakat ASN makin meningkat menjadi 800 juta pertahun . Kami hanyalah penyampai amanah umat”, harap Wakil ketua III Rini, Wulansari.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Kapuas Hulu, Syahrul, S Ag, menyatakan apresiasi kepada BAZNAS Kabupaten Kapuas Hulu, yang terus eksistensi dan konsisten atas program-programnya yang berpihak kepada masyarakat.

“Semoga BAZNAS terus mampu memotivasi dan membuat terobosan-terobosan yang konsisten dalam membantu masyarakat luas.

Kami percaya, dengan adanya kegiatan- kegiatan dan program-program BAZNAS ini, masyarakat terus terbantu,” tutur Syahrul.

Dalam peresmian tersebut, dihadir pula oleh Ketua BAZNAS Provinsi Kalimantan Barat, Uray. M. Amin, ST, Bupati Kapuas Hulu AM Nasir, yang sekaligus meresmikan penggunaan Masjid Agung Darunnajah Kabupaten Kapuas Hulu dan melaunching Ambulance Darat tersebut.

Hadir pula Sekda, Dandim 1206/Putussibau, Danyon RK 644/Wls, Ketua DPRD, sejumlah Pejabat di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu, Ormas Keagamaan, sejumlah tokoh agama, penyelenggara zakat, serta para tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir menyatakan, zakat yang dikelola oleh BAZNAS tersebut, merupakan zakat yang dihimpun dari para ASN Kabupaten, yang jumlahnya lebih dari Rp400 juta pertahun.

“BAZNAS Kabupaten Kapuas Hulu memiliki kemajuan yang sangat signifikan sampai saat ini. Semoga dengan adanya program BAZNAS ini, dapat membantu masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu lebih luas lagi,” harap Nasir. (Noto)

 

Butuh Informasi? Chat dengan Baznas Kalbar