BAZNAS Provinsi Kalbar Selenggarakan Khitanan Massal

Kubu Raya РBadan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kalimantan Barat selenggarakan khitanan massal gratis bagi masyarakat di Desa Pulau Ribung Kec. Sungai Raya yang dilaksanakan pada hari Ahad, (4/7/2022). Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara BAZNAS Provinsi Kalbar, BAZNAS Kab. Kubu Raya, Brigade Gerak Cepat Kemanusiaan (Brigeck) dan Sembrono Squad. Terdapat 25 orang anak yang menjadi peserta dalam khitanan masal ini. Selain disunat, anak-anak juga diberikan bingkisan berupa sarung, baju kokoh dan kopiah.

Dalam kesempatan itu, Ketua BAZNAS Provinsi Kalimantan Barat, Uray M. Amin, S.T. menyampaikan dalam kata sambutannya. Ia berharap kepada masyarakat sekitar untuk membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan. “Saya berharap dengan adanya UPZ di Desa Pulau Limbung ini dimana kedepan ada kesadaran para muzakki dan munfiq juga tentu untuk membantu mustahik yang ada di Desa Limbung.” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan BAZNAS Prov. Kalbar, Dr. H. Hamzah Tawil, M.Si mengatakan bahwa ini merupakan salah satu kegiatan dari Kalbar Sehat yang berada di garis kemiskinan anak-anak yang kurang mampu.

“Ini merupakan kegiatan Kalbar Sehat, yang mana kita harapkan kegiatan ini terus berlanjut untuk melakukan sunatan masal terhadap anak-anak yang berada di garis kemiskinan anak-anak dhuafa yang tidak mampu dan harapan kita kegiatan ini mendapat dukungan dari masyarakat terutama dari para muzakki / munfiq karena masih banyak daerah-daerah yang minus daerah dhuafa yang belum tersentuh oleh kegiatan ini.”

Lebih lanjut ia sampaikan, jika ingin melakukan khitanan secara mandiri, warga harus ke Tayan yang dimana biayanya juga cukup besar ditambah juga harus menggunakan transportasi air lewat speedboat.

“Hal ini juga menjadi biaya yang tinggi, jadi insya allah dengan adanya kegiatan ini sangat membantu untuk masyarakat terutama msayarakat-masyarakat seperti di Desa Limbung dan Insya Allah akan kita agendakan lagi di beberapa daerah yang perlu kita perhatikan.” ujar Hamzah.

Kepala Desa Pulau Limbung, H. Mujirin mengucapkan terima kasih kepada BAZNAS yang telah mengadakan kegiatan ini. “Tentu kami merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini, terutama dalam hal mengkhitankan anak, mudah-mudahan untuk kedepannya bisa lagi di kegiatan yang sama di desa kami.” ujar Mujirin.

 

 

Butuh Informasi? Chat dengan Baznas Kalbar