Lebaran Yatim di Kalimantan Barat: Berbagi Cinta, Berlimpah Berkah

Pontianak – Dengan tema “Berbagi Cinta, Berlimpah Berkah,” kegiatan Lebaran Yatim 2024 yang diadakan di Kalimantan Barat berlangsung dengan penuh kehangatan dan kepedulian. Acara ini merupakan kolaborasi antara Kementerian Agama, BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Provinsi Kalimantan Barat, dan LAZ (Lembaga Amil Zakat), yang bersama-sama menyalurkan santunan dan bantuan kepada anak-anak yatim dan difabel. Kegiatan tersebut dilaksanakan bertepatan dengan 10 Muharram 1446 H, Selasa, 16 Juli 2024 di Masjid Kapal Munzalan Ampera Pontianak.

Kegiatan ini tidak hanya sekadar pemberian bantuan, tetapi juga menandai peluncuran beberapa program pemberdayaan zakat dan wakaf yang inovatif. Salah satunya adalah Kick Off Program Pemberdayaan Zakat dan Wakaf yang mencakup beberapa inisiatif penting seperti Kampung Zakat, KUA Pemberdayaan Ekonomi Umat, dan Inkubasi Wakaf Produktif. Selain itu, juga dilakukan Launching Program Kota Wakaf yang bertujuan untuk memperkuat peran wakaf dalam pembangunan ekonomi umat.

Dalam acara tersebut, Kementerian Agama, BAZNAS, dan LAZ menunjukkan sinergi yang kuat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya mereka yang kurang beruntung. Anak-anak yatim dan difabel yang hadir tampak ceria menerima santunan dan bingkisan yang diberikan.

Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Kalbar, Kaharudin, S.Ag. sampaikan apresiasi atas kolaborasi segenap jajaran Kanwil Kemenag Kalbar dan mitra terkait dalam program yang juga dipadukan dengan Kick Off Kolaborasi Program Pemberdayaan Zakat dan Wakaf 2024.

“Dalam acara ini saya sampaikan dan mengajak untuk kita semua untuk menyantuni anak anak yatim piatu dengan cara menyantuni. Ini mudah mudahan dapat menghapus dosa kita dan mudah mudahan dapat bermanfaat bagi anak anak tersebut,” ucapnya.

Kata Sambutan Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Kalbar, Kaharudin, S.Ag

Lebih lanjut dijelaskan, ia mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut selain untuk berbagi juga sekaligus untuk menyampaikan kepada masyarakat pentingnya berzakat.

“Kegiatan ini tidak hanya sekedar berbagi, tetapi juga sekaligus untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa zakat itu sangat berdampak dan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Kegiatan ini juga memberikan kebahagiaan bagi kita semua” pungkasnya mengakhiri sambutan,” jelasnya.

Ketua BAZNAS Provinsi Kalimantan Barat, Uray M. Amin, ST menyampaikan rasa syukurnya serta menyambut baik atas terlaksananya kegiatan tersebut.

“Kami menyambut baik pelaksanaan kegiatan Lebaran Yatim ini. Menggembirakan anak yatim memang merupakan ajaran Rasulullah SAW, yang menekankan pentingnya memberikan santunan kepada mereka. Namun, perlu diingat bahwa santunan tidak seharusnya bersifat insidental atau hanya diberikan pada momen-momen tertentu saja, pemberian santunan kepada fakir miskin dan anak yatim harus dilakukan secara rutin setiap bulan,” ujar UMA.

Kata Sambutan Ketua BAZNAS Provinsi Kalbar, Uray M. Amin, ST

Ia mengatakan bahwa pemberian santunan kepada fakir miskin dan anak yatim harus dilakukan secara rutin setiap bulan.

“Yang lebih penting lagi, momen ini seharusnya menjadi kesempatan bagi kita, sebagai individu, untuk menjaga dan melindungi kaum miskin serta anak yatim di lingkungan dan keluarga kita. Hal ini sesuai dengan pesan agama yang terdapat dalam Surah Al-Balad.” katanya.

Pimpinan BAZNAS Provinsi Kalimantan Barat Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Dr. H. Hamzah Tawil, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi untuk menyantuni anak yatim yang bertepat dengan tanggal 10 Muharram.

“Rasulullah SAW mengajarkan kepada umat Islam untuk menyantuni dan menyayangi anak-anak yatim, Lebaran Yatim ini tidak hanya mengajarkan kita untuk berbagi, tetapi juga untuk memperkuat ikatan sosial dalam masyarakat, mari kita peduli terhadap anak-anak yatim demi kebahagiaan mereka. insya allah, melalui program “BAZNAS Kalbar Peduli,” kami akan terus menyantuni anak-anak yatim.” ujar Hamzah.

Hamzah mengucapkan terima kasihnya kepada para muzakki yang telah berzakat, berinfak, maupun bersedekah di BAZNAS. Ia berharap agar dapat menyantuni banyak anak-anak yatim bersamaan dengan bertambahnya zakat dari para muzakki.

“Semoga semakin banyak anak-anak yatim yang dapat kita santuni seiring bertambahnya dana dari para muzakki yang berzakat, berinfak, dan bersedekah. Semoga para muzakki diberikan kebaikan, balasan, dan keberkahan dari harta yang tersisa, serta ketenangan hati lahir dan batin. Terima kasih kepada muzakki, dan terima kasih kepada mustahik.

Pimpinan BAZNAS Provinsi Kalbar Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Dr. H. Hamzah Tawil, M.Si

Kegiatan ini berkolaborasi bersama antara lain : Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat, BAZNAS Provinsi, LAZISMU, LAZISNU, YAKESMA, Rumah Zakat, Dewan Dakwah, Rumah Yatim, BMH, Sidogiri, Dompet Umat, dan Al Mumtaz Peduli,