BAZNAS Provinsi Kalbar dan BAZNAS Kabupaten Ketapang Kunjungi Kawasan Pengembangan (KPBP) Desa Suka Bangun

KETAPANG – Sejumlah nelayan di Desa Sukabangun, Kecamatan Delta Pawan, mendapatkan kunjungan dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Kalimantan Barat dan BAZNAS Kabupaten Ketapang pada hari Kamis, (10/11/2022). Produk utama dari daerah ini yaitu ale-ale. Hasil dari olahan ale-ale ini terciptalah berbagai macam produk siap saji, seperti : Kerupuk ale-ale, rempeyek ale-ale, serundeng ale-ale, bakwan ale-ale dan pekasam ale-ale.

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Dr. H. Hamzah Tawil, M.Si menyampaikan bahwa 5 kelompok ini diberikan pemberdayaan agar dapat menghasilkan lebih banyak olahan dari bahan dasar ale-ale tersebut.

“Ada 5 kelompok yang kita sentuh di Kawasan Pengembangan BAZNAS Provinsi (KPBP) di daerah Desa Suka Bangun, 5 kelompok ini masing-masing membuat bahan olahan dari ale-ale. ale-ale ini ada yang menjadi pekasam, serundeng, keripik, bakwan, jadi dalam hal ini kita bantu modal pengolahannya.” ujar Hamzah.

Ia juga menyampaikan harapannya agar usaha dari produk ini bisa dikenal oleh masyarakat luas, tidak hanya dari toko-toko di sekitar.

“Mudah-mudahan juga kedepan kita ingin melakukan sertifikasi halal LPPOM MUI kepada kelompok-kelompok ini, sehingga kita harapkan bahan olahan tidak hanya dijual dari toko-toko kecil tapi kita juga harapkan bisa masuk ke retail.” harapnya.

 

 

 

 

Butuh Informasi? Chat dengan Baznas Kalbar